Minggu, 22 Juni 2014

Program Animasi Sederhana Pada Delphi 7

Kali ini saya akan membuat program Animasi sederhana menggunakan Delphi 7. Animasi yang saya gunakan berupa lingkaran yang akan bergerak secara horizontal ke kiri dan ke kanan. Berikut ini merupakan tampilan dan penjelasan mengenai langkah-langkahnya :


1. Buat tampilan design pada Form seperti gambar berikut ini :


  • Pada tampilan Form1 diatas terdapat label1 yang bertuliskan “ANIMASI 1IA16”.
  • Lalu terdapat juga dua buah Timer yang terdiri dari Timer1 dan Timer2 yang berfungsi sebagai pengatur waktu pergerakan animasi. 
  • Setelah itu terdapat juga Shape1, ini merupakan objek animasi yang nantinya akan bergerak ke kiri dan ke kanan. 
  • Yang terakhir terdapat dua buah button yang bertuliskan “play” dan “stop”, Button ini yang nantinya akan mengesekusi program animasi.
2. Selanjutnya masukan kodingan pada program dengan cara mengklik dua kali pada Button. Berikut ini tampilan kodingan program dan penjelasannya :



Pada bagian procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) terdapat perintah :
begin
Timer1.Enabled := True;
end;

Perintah tersebut berfungsi untuk menghidupkan Timer1 agar dapat dijalankan.

Pada bagian procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject) terdapat perintah :

begin
Shape1.left:=Shape1.left + 1;
if shape1.left = 400 Then

Perintah tersebut berfungsi untuk menggerakan Shape1 secara horizontal dan terdapat simbol “+” yang berfungsi untuk mengarahkan Shape1 ke arah kanan. Lalu terdapat perintah if yang berfungsi untuk menghentikan pergerakan Shape1 sampai dengan titik jarak yang sudah di tentukan.

begin
Timer1.Enabled := False;
Timer2.Enabled := True;
end;
end;

Perintah tersebut berfungsi untuk memantulkan Shape1 agar bergerak sesuai dengan Timer yang bernilai True. Pada perintah di atas Timer1 bernilai False maka Shape1 akan berhenti bergerak kerah kanan, sedangkan Timer2 bernilai True maka Shape1 akan bergerak sesuai dengan arah Timer2 yaitu ke arah kiri.
                                     
Pada bagian procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject) terdapat perintah :

begin
Timer1.Enabled := False;
Timer2.Enabled := False;
end;

Perintah tersebut berfungsi untuk menghentikan pergerakan Shape1 ketika sedang bergerak. Isi perintah tersebut menjelaskan bahwa Timer1 dan Timer2 bernilai false, jadi Shape1 tidak akan bisa bergerak ke kiri maupun ke kanan.

Pada bagian procedure TForm1.Timer2Timer(Sender: TObject) terdapat perintah :

begin
Shape1.Left := Shape1.left - 1;
if shape1.Left = 0 Then

Perintah tersebut berfungsi untuk mengatur peregerakan Shape1 secara horizontal dan terdapat simbol “-“ yang berfungsi untuk mengarahkan Shape1 ke arah kiri. Lalu terdapat perintah if yang nantinya berfungsi untuk menghentikan pergerakan Shape1 sampai dengan titik jarak yang telah ditentukan.

begin
Timer1.Enabled := True;
Timer2.Enabled := False;
end;
end;

Perintah tersebut berfungsi untuk memantulkan Shape1 agar bergerak sesuai dengan Timer yang bernilai True. Pada perintah di atas Timer1 bernilai True maka Shape1 akan melakukan pergerakan ke arah kanan, sedangkan Timer2 bernilai False maka Shape1 berhenti bergerak kea rah kiri.

3. Terakhir merupakan tampilan output dari program, berikut ini tampilannya :

-Tampilan output program pada saat mengklik Button "Play"

-Tampilan output program pada saat mengklik Button "Stop"

Demikianlah penjelasan dari saya mengenai Program Animasi pada Delphi 7, semoga postingan ini bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar