Menyambung postingan saya yang sebelumnya, pada postingan berikut ini saya akan membahas mengenai dampak penggunaan E-Commerce bagi Individu, Masyarakat, dan Negara. Langsung saja kita bahas mengenai dampak penggunaan E-Commerce….
A.
Dampak
E-Commerce terhadap Individu
Pembahasan
mengenai dampak E-Commerce terhadap individu di bagi menjadi dua bagian yaitu
dampak positif dan negatif :
a.
Dampak
Positif
-
Konsumen
dapat berbelanja atau mengolah bernagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang
hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo,
membuat pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya.
-
Konsumen
tidak hanya memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar
supplier internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih
banyak.
-
Konsumen
dapat berbelanja di seluruh dunia dan membandingkan harganya dengan mengunjungi
berbagai situs yang berbeda atau dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang
menampilkan berbagai harga dari sejumlah provider.
-
Memudahkan
konsumen untuk berkomunikasi dengan produsen atau konsumen lain dan juga dapat
saling bertukar pengalaman antara produsen atau konsumen lain.
b.
Dampak
Negatif
-
Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia
telah mengganti semua data finansial yang ada.
-
Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang
timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang
tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
-
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.
Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba
padam.
-
Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang
dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar,
kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem
elektronik.
B.
Dampak
E-Commerce terhadap Masyarakat
Pada
dampak E-Commerce terhadap Masyarakat juga di bagi menjadi dua bagian yaitu dampak
positif dan dampak negatif :
a.
Dampak
Positif
-
Semakin
banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan
internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas
lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
-
Meningkatkan
daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang
terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat menjualnya
lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
-
Mengurangi
pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara
kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
-
Meningkatkan
daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan
baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan
perdagangan khususnya usaha kecil menengah.
b.
Dampak
Negatif
-
Karena
masyarakat lebih sering berinteraksi secara elektronik, dimungkinkan terjadi
berkurangnya kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosialisasi dengan
orang lain secara langsung.
-
Terdapat
bahaya potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial antara orang-orang
yang memiliki kemampuan teknis dalam e-commerce dengan yang tidak, yang
memiliki keahlian digaji lebih tinggi daripada yang tidak.
-
Terbentuknya
kelompok diantara golongan masyarakat yang memiliki tujuan tertentu dalam
bisnis e-commerce yang hanya mementingkan keuntungan dari kelompok tersebut.
-
Hilangnya
kebiasaan masyarakat yang melakukan jual beli secara langsung baik di pasar
maupun pusat perbelanjaan, sehingga membuat para pedagang yang melakukan jual
beli secara manual menjadi gulung tikar.
C.
Dampak
E-Commerce terhadap Negara
Sama
seperti dampak E-Commerce terhadap individu dan masyarakat, pada dampak
E-Commerce terhadap Negara juga di bagi menjadi dua bagian yaitu dampak positif
dan dampak negatif :
a.
Dampak
Positif
-
Membantu
negara berkembang untuk masuk ke dalam pasar internasional dengan bantuan dari negara
maju.
-
Membuat
laju pertumbuhan perdagangan digital masing-masing negara menjadi meningkat.
-
Pemasaran produk dari suatu negara dapat menjangkau pasar internasional
sehingga menjadi lebih cepat dan mudah.
-
Negara-negara dengan kontak yang lebih luas,
baik itu perdagangan, pariwisata maupun lokasi geografis dengan dunia luar,
cenderung lebih maju dalam teknologi digital
b.
Dampak
Negatif
-
Biaya yang di gunakan untuk mengumpulkan informasi
sangat mahal ketika mencari informasi
secara lintas negara.
-
Akibat dari biaya yang mahal, membuat proses
perdagangan internasional antar negara menjadi
terhambat.
-
Negara-negara berkembang dengan penetrasi
internet yang lebih tinggi meningkatkan ekspor ke negara berpenghasilan tinggi
dibandingkan negara dengan penetrasi internet lebih rendah.
-
Biaya komunikasi
yang di gunakan mungkin jauh lebih besar
untuk ekspor ke negara-negara maju daripada mengekspor ke negara-negara
tetangga yang berkembang.
Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar