Minggu, 17 Mei 2015

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara


Menyambung postingan saya yang sebelumnya, pada postingan berikut ini saya akan membahas mengenai dampak penggunaan E-Commerce bagi Individu, Masyarakat, dan Negara. Langsung saja kita bahas mengenai dampak penggunaan E-Commerce….
A.     Dampak E-Commerce terhadap Individu
Pembahasan mengenai dampak E-Commerce terhadap individu di bagi menjadi dua bagian yaitu dampak positif dan negatif :
a.       Dampak Positif
-          Konsumen dapat berbelanja atau mengolah bernagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya.
-          Konsumen tidak hanya memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.
-          Konsumen dapat berbelanja di seluruh dunia dan membandingkan harganya dengan mengunjungi berbagai situs yang berbeda atau dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang menampilkan berbagai harga dari sejumlah provider.
-          Memudahkan konsumen untuk berkomunikasi dengan produsen atau konsumen lain dan juga dapat saling bertukar pengalaman antara produsen atau konsumen lain.

b.      Dampak Negatif
-          Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
-          Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
-          Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
-          Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

B.     Dampak E-Commerce terhadap Masyarakat
Pada dampak E-Commerce terhadap Masyarakat juga di bagi menjadi dua bagian yaitu dampak positif dan dampak negatif :
a.       Dampak Positif
-          Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
-          Meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
-          Mengurangi pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
-          Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.
b.      Dampak Negatif
-          Karena masyarakat lebih sering berinteraksi secara elektronik, dimungkinkan terjadi berkurangnya kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosialisasi dengan orang lain secara langsung.
-          Terdapat bahaya potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial antara orang-orang yang memiliki kemampuan teknis dalam e-commerce dengan yang tidak, yang memiliki keahlian digaji lebih tinggi daripada yang tidak.
-          Terbentuknya kelompok diantara golongan masyarakat yang memiliki tujuan tertentu dalam bisnis e-commerce yang hanya mementingkan keuntungan dari kelompok tersebut.
-          Hilangnya kebiasaan masyarakat yang melakukan jual beli secara langsung baik di pasar maupun pusat perbelanjaan, sehingga membuat para pedagang yang melakukan jual beli secara manual menjadi gulung tikar.

C.     Dampak E-Commerce terhadap Negara
Sama seperti dampak E-Commerce terhadap individu dan masyarakat, pada dampak E-Commerce terhadap Negara juga di bagi menjadi dua bagian yaitu dampak positif dan dampak negatif :
a.       Dampak Positif
-          Membantu negara berkembang untuk masuk ke dalam pasar internasional dengan bantuan dari negara maju.
-          Membuat laju pertumbuhan perdagangan digital masing-masing negara menjadi meningkat.
-          Pemasaran produk dari  suatu negara dapat menjangkau pasar internasional sehingga menjadi lebih cepat dan mudah.
-          Negara-negara dengan kontak yang lebih luas, baik itu perdagangan, pariwisata maupun lokasi geografis dengan dunia luar, cenderung lebih maju dalam teknologi digital
b.      Dampak Negatif
-          Biaya yang di gunakan untuk mengumpulkan informasi sangat mahal ketika mencari informasi  secara lintas negara.
-          Akibat dari biaya yang mahal, membuat proses perdagangan internasional antar  negara menjadi terhambat.
-          Negara-negara berkembang dengan penetrasi internet yang lebih tinggi meningkatkan ekspor ke negara berpenghasilan tinggi dibandingkan negara dengan penetrasi internet lebih rendah.
-          Biaya  komunikasi  yang di gunakan mungkin jauh lebih besar untuk ekspor ke negara-negara maju daripada mengekspor ke negara-negara tetangga yang berkembang.


Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat...






Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar